Buah Tangan Khas Palembang, Pia Sriwijaya dengan 4 Varian Rasa

Ternyata saat ini tak hanya pempek saja yang jadi kuliner khas, ada juga Pia Sriwijaya

tribunsumseltravel.com
Pia sriwijaya 

TRIBUNSUMSELTRAVEL.COM, PALEMBANG - Palembang dikenal dengan kuliner khasnya salah satu yang paling terkenal adalah pempek, penganan yang terbuat dari bahan dasar ikan ini menjadi hal yang wajib bagi para pelancong untuk dijadikan buah tangan.

Ternyata saat ini tak hanya pempek saja yang jadi kuliner khas, ada juga Pia Sriwijaya yang juga cocok dan mulai populer saat ini serta sangat pas untuk dijadikan buah tangan.

Satu tahun terakhir, Kota Palembang mulai terkenal dengan penganan yang bernama Pia Sriwijaya. Pia Sriwijaya dihargai Rp 50 ribu per kotak, kini mulai populer menjadi buah tangan dari Kota Palembang.

Pia Sriwijaya penganan khas dari Palembang
Pia Sriwijaya penganan khas dari Palembang (tribunsumseltravel.com)

"Pia Sriwijaya ini berisi 8 bungkus pia dengan empat varian rasa yakni mulai dari rasa coklat, keju, kacang hijau dan kacang merah," ujar salah satu pendiri Pia Sriwijaya Bobby Aryadi.

Bobby Aryadi mulai merintis usahanya ini sejak 2014 lalu. "Bermula dari istri saya, Asti yang gemar memasak pia dengan resep warisan orangtua. Saya pun terinspirasi menjadikannya sebagai kuliner makanan khas Palembang. Berbekal keyakinan dalam memasarkan, Pia Sriwjaya ternyata mendapat respon yang baik dari warga Palembang dan sekitarnya," jelasnya.

"Alhamdulillah sekarang Pia Sriwijaya ini sudah mulai populer dan dikenal hingga ke luar pulau Sumatera," kataya saat diwawancarai, Jumat (11/9/2020).

Bobby dan istri menunjukkan Pia Sriwijaya hasil ide kreatif mereka
Bobby dan istri menunjukkan Pia Sriwijaya hasil ide kreatif mereka (tribunsumseltravel.com)

Pia Sriwijaya ini berbahan dasar tepung, mentega, dan beberapa bahan dasar lain yang dimana dimasaka melalui proses pengadukan, membentuk pia, kemudian diisi dengan beberapa varian seperti rasa coklat, keju, kacang hijau atau kacang merah.

Proses selanjutnya pia dimasukkan ke dalam oven, setelah itu keluarkan dari oven didinginkan selanjutnya dipacking. Dengan proses yang bersih. Pia Sriwijaya ini memiliki rasa yang gurih dan lumer dengan varian rasa di dalamnya.

"Resep pia kami ini turun temurun dari orangtua, pia ini adalah makanan orangtua dulu, kami coba mengembangkan pia ini agar tidak tergerus oleh zaman," katanya.

Pada saat itu, orang hanya mengenal pia dengan isi kacang hijau, namun saat ini dia memberikan inovasi dengan membuat pia yang lebih modern dengan varian rasa umum yang disukai oleh semua kalangan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Melisa
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved