Melihat Rumah 100 Tiang di OKI, Syarat Pernikahan Pinangan Putra dari Pangeran Rejed

Meski telah berdiri ratusan tahun, rumah tersebut hingga kini masih bisa kita temukan dan dipelihara dengan baik oleh

Melihat Rumah 100 Tiang di OKI, Syarat Pernikahan Pinangan Putra dari Pangeran Rejed
Tribunsumsel.com/Nando Zein
Rumah 100 Tiang di Ogan Komering Ilir 

TRIBUNSUMSELTRAVEL.COM, KAYUAGUNG - Rumah 100 Tiang di Ogan Komering Ilir (OKI) menjadi tempat bersejarah yang wajib Travellers kunjungi kalau lagi liburan ke OKI.

Rumah 100 Tiang di OKI ini bisa Travellers jumpai di Desa Sugih Waras Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten OKI yang dulu termasuk dalam wilayah pemerintahan kecamatan Tanjung Lubuk.

Meski telah berdiri ratusan tahun, rumah tersebut hingga kini masih bisa kita temukan dan dipelihara dengan baik oleh warga setempat untuk kunjungan wisatawan.

BACA JUGA:  Disbudpar Sumsel Belum Lakukan Penutupan Tempat Wisata Terkait Pencegahan Virus Corona

Sejarawan Kabupaten Ogan Komering Ilir Yuslizal menjelaskan bagaimana asal muasal adanya rumah seratus tiang ini, bahwa rumah tersebut dibangun oleh seorang raja demi mendapatkan restu dari orangtua sang calon mempelai wanita.

"Pada zaman dahulu pemimpin wilayah dipegang oleh pangeran, dalam artian pemerintah masih dalam bentuk kerajaan," katanya saat mengawali cerita.

Seperti di daerah Ogan Komering llir, pada masa itu setiap wilayah atau marga dipimpin oleh pejabat yang disebut Pangeran.

BACA JUGA:  Dampak Virus Corona, Okupansi Hotel di Palembang Menyentuh Angka 50 Persen

Kisah pernikahan Putra dari Pangeran Rejed dan putri dari Pangeran Ismail menjadi latar belakang pembangunan rumah 100 tiang yang merupakan syarat pinangan putra dari pangeran Rejed.

"Pangeran Rejed ini berkuasa di daerah Sugihwaras yang merupakan daerah bagi kekuasaan marga Bengkulah pada tahun 1716," katanya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Melisa
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved